Ereksi Tanpa Simulasi? Apa Penyebabnya?


Priapismus adalah suatu keadaan di mana ereksi terjadi tanpa stimulasi seksual apapun, yang berlangsung selama lebih dari 4 jam dan terasa nyeri. Hal ini terjadi akibat darah di dalam penis terperangkap dan tidak dapat keluar. Jika hal ini tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan terbentuknya jaringan parut dan disfungsi ereksi yang permanen. Priapismus dapat terjadi pada semua umur, termasuk pada bayi baru lahir.
Jenis Priapismus

Aliran Rendah

Priapismus jenis ini terjadi akibat darah terperangkap di dalam pembuluh darah penis. Hal ini sering terjadi tanpa penyebab yang jelas dan dapat terjadi pada pria yang sehat atau pria dengan penyakit sickle cell, leukemia, atau malaria.

Aliran Tinggi

Priapismus jenis ini lebih jarang terjadi dan biasanya tidak terlalu sakit. Keadaan ini diakibatkan oleh robeknya pembuluh darah arteri akibat cedera pada penis atau perineum (suatu area di antara kantong zakar dan anus), yang mengganggu sirkulasi darah normal di penis.

Penyebab

Anemia Sickle Cell

Beberapa kasus priapismus disebabkan oleh penyakit sickle cell. Sekitar 42% pria dewasa yang menderita penyakit sickle cell akan mengalami priapismus.

Obat-obatan

Penyebab priapismus yang cukup sering adalah menggunakan dan atau penyalahgunaan obat-obatan tertentu. Obat-obatan yang dapat menyebabkan priapismus adalah obat anti depresi dan obat anti psikosis. Obat yang digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi juga dapat menyebabkan terjadinya priapismus.

No comments

No comments :

Post a Comment