Anda Takut Saat Melihat Boneka, Bisa Jadi Ini Sebabnya


Salah satu objek yang dapat menjadi sumber ketakutan penderita fobia adalah boneka. Takut boneka disebut dengan pediophobia dan ini salah satu contoh fobia spesifik. 

Fobia spesifik merupakan ketakutan tidak rasional terhadap sesuatu yang tidak menimbulkan ancaman yang nyata. Lebih dari persen orang dewasa di Amerika Serikat mengalami fobia spesifik ini!

Orang yang takut boneka alias seorang pediophobia tidak harus melihat objek itu secara langsung. Hanya dengan memikirkannya, dia akan merinding, bergidik ngeri, dan muncul gejala cemas! 

Penyebab pasti dari takut boneka masih belum diketahui. Tapi yang jelas, pediophobia dapat dipicu kejadian atau peristiwa traumatis yang berkaitan dengan boneka, seperti menonton film horor atau kecelakaan yang tokoh utamanya adalah boneka. 

Menurut peneliti dari UCLA, Kate Wolitzky-Taylor, rasa takut melihat boneka bisa saja muncul jika Anda sering melihat film yang isinya tentang boneka jahat yang melakukan perbuatan sadis dan berujung pada kematian tokoh-tokoh lain. “Siapa pun yang telah melihat salah satu dari banyak film horor seperti Annabelle atau Chucky pasti akan membayangkan nuansa mencekam ketika melihat boneka,” katanya.

sumber : dokter_bilang

No comments

No comments :

Post a Comment