Tanda-Tanda Anda Menderita Superhero Syndrome


Kenali tanda-tanda dari sindrom ini, dan cari tahu sebelum Anda mengalaminya.

1. Ingin Melakukan Semua
Karena merasa mampu menangani semua sendiri, maka dalam pekerjaan rumah Anda pun ingin berusaha menyelesaikan semuanya. Padahal, dalam keluarga, Anda butuh bekerjasama dengan pasangan dalam mengurus rumah tangga. 

2. Tidak Bisa Bilang "Tidak"
Seseorang dengan superhero syndrome sangat sulit berkata "Tidak". Setiap orang lain meminta bantuannya, ia tidak akan menolak meski sebenarnya tidak mampu melakukannya. Jika hal ini terus berlanjut, Anda malah bisa mengabaikan anak dan keluarga sendiri hanya untuk membantu orang lain, lho!

3. Tidak Pernah Merasa Baik
Jika memiliki sindrom ini, maka Anda mungkin selalu merasa tidak cukup baik di mata orang lain. Terutama saat tidak bisa membantu mereka, dapat timbul rasa beban karena hal yang tentu bukan sepenuhnya kewajiban Anda. Apabila tak segera diatasi, tak hanya kebahagiaan orang lain yang mungkin belum terpenuhi, tapi juga kebahagiaan diri Anda sendiri.

4. Ingin Selalu Dipuji
Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga ingin mendapat pujian setelah berhasil melakukan sesuatu. Namun bagi pemilik superhero syndrome, pujian dan apresiasi yang mereka inginkan harus ia terima setiap kali membantu orang, bahkan untuk hal sekecil apa pun. Jika begini, hal tersebut bisa saja mengganggu pasangan dan membuatnya lelah menghadapi Anda

5. Merasa Semua Butuh Anda
Satu hal yang juga bisa merugikan bagi seorang yang memiliki superhero syndrome adalah selalu ingin dibutuhkan orang lain. Maksudnya, Anda berharap orang-orang di sekitar, seperti anak, pasangan, orang tua, atau kerabat selalu mengandalkan Anda dalam setiap hal. Risikonya, mereka menjadi selalu bergantung pada Anda, atau bahkan terganggu karena Anda terkesan ‘ikut campur’ dalam urusan orang lain.

sumber : dokter_bilang

No comments

No comments :

Post a Comment