Alasan Hindari Junk Food Saat Sahur


Berikut detik.com rangkum beberapa penyebab yang bisa membuat berat badan naik saat puasa.

1. Kalap saat berbuka puasa
Setelah berpuasa, pasti banyak makanan yang terbayang di otak dan ingin sekali memakannya saat berbuka. Dari makanan yang mengandung karbohidrat sampai tinggi kadar gula dan garamnya biasanya dipilih pertama kali, bahkan dikonsumsi sekaligus. Inilah yang membuat berat badan malah naik dari sebelumnya.

2. Porsi makan lebih banyak dari biasanya
Tanpa disadari, sebagian orang mengalami peningkatan porsi makan ataupun minum setelah seharian berpuasa. Bagi mereka yang memang memiliki porsi makan yang besar, akan bertambah banyak lagi saat berbuka atau sahur. Hal ini juga yang membuat orang berpuasa rentan mengalami kenaikan berat badan.

3. Kurangnya aktivitas fisik
Saat puasa, orang cenderung akan merasa mudah lemas untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Tidak heran kalau kondisi itu membuat seseorang malas untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau sekedar berjalan-jalan.

4. Kurangnya durasi tidur
Berbagai penelitian mengatakan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mudah mengalami peningkatan berat badan. Saat durasi tidur berkurang, hormon yang mengatur metabolisme dan nafsu makan yaitu leptin jadi kacau.

5. Tidur setelah sahur
Setelah sahur, kebanyakan orang langsung menyambung tidurnya yang terpotong untuk makan. Padahal kebiasaan ini memberikan efek yang negatif untuk tubuh, salah satunya meningkatkan berat badan.

No comments

No comments :

Post a Comment