Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku


Kebiasaan ini dalam istilah medis sering disebut onychophagia. Seperti yang dilansir oleh Mayo Clinic, menggigit kuku sebenarnya bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan Anda. 

1. Infeksi
Infeksi pada kuku jari dapat terjadi apabila Anda sering menggigiti kuku, terutama dalam ukuran yang cukup besar. Pada saat kuku Anda tercabut, maka kulit halus di bawah kuku akan terlihat. Nah, bagian tersebut sangat rentan terkena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. 

2. Kutil periungual
Kutil jenis ini biasanya sering terjadi pada orang yang suka menggigit kuku. Pada umumnya, ukuran kutil yang kecil tidak akan menimbulkan rasa sakit sedikitpun. Namun seiring dengan pertumbuhan kutil yang semakin membesar dan menyebar, rasa sakit pun bertambah. Selain sakit, penampilan di sekitar kuku akan terlihat buruk.

3. Bahaya dari sering menggigit kuku lainnya adalah terkena herpes tangan atau herpetic whitlow. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2. Nah, virus ini kemudian masuk melalui kulit jari yang terbuka yang terkena cairan HSV. Biasanya terjadi jika Anda sedang menderita penyakit herpes oral. 
4. Selain merusak kuku tangan Anda, kebiasaan ini juga membahayakan kesehatan gigi dan mulut Anda. Ternyata, posisi gigi Anda bisa bergeser dari tempatnya dan juga menyebabkan gigi atau email gigi pecah. Tidak hanya itu, gusi Anda juga beresiko tinggi terkena infeksi dan mengalami pembengkakan.

No comments

No comments :

Post a Comment