Penyebab Payudara Kendor


Apa saja yang menyebabkan payudara yang tak lagi kencang sekaligus meluruskan kesalahan informasi yang beredar. 

1. Penuaan
Payudara terdiri dari jaringan ikat atau penghubung, yaitu ligamen Cooper. Ligamen tersebut fungsinya adalah menyokong payudara tetap kencang dan tetap pada posisinya.
Nah, penuaan menyebabkan ligamen tersebut mengendur atau meregang, sehingga membuat payudara jadi kendur.

2. Menopause
Menopause dan penuaan umumnya berjalan beriringan. Namun, saat menopause, terjadi penurunan jumlah hormon estrogen. Keadaan tersebut berdampak pada penurunan kolagen.

Terlebih pada masa menopause, jaringan kelenjar pada payudara akan digantikan oleh lemak. Hal itu membuat payudara lebih rentan kendur.

3. Olahraga Intensitas Tinggi
Jenis olahraga tersebut, misalnya lari, bisa menyebabkan payudara bergerak atau memantul ke atas dan ke bawah, sehingga dapat mengakibatkan jaringan ikat menjadi kendur.

4. Hamil
Menyusui tidak menjadikan payudara jadi kendur! Jadi, para ibu tak perlu khawatir. Menurut penelitian dalam “Aesthetic Surgery Journal”, disebutkan bahwa kondisi kehamilanlah menyebabkan payudara kendur. 
Pada saat hamil, kenaikan berat badan membuat ligamen meregang

5. Kehamilan kembar
Walaupun kehamilan tunggal berisiko bikin payudara kendur, tetapi risiko pada kehamilan kembar lebih tinggi. Ini dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih tidak terkontrol.

Lebih lanjut, perubahan hormonal kehamilan yang dikaitkan dengan risiko kendurnya payudara lebih besar pada kehamilan kembar.

No comments

No comments :

Post a Comment