Masalah Kesehatan Yang Umum Terjadi disaat Puasa


Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang sering muncul saat puasa. Simak ulasannya!

1. Dehidrasi
Salah satu masalah kesehatan yang paling sering muncul saat puasa adalah dehidrasi. Meskipun bersifat ringan dan tidak berbahaya, jika dibiarkan dehidrasi dapat menyebabkan munculnya masalah kesehatan lainnya seperti kram otot, napas berbau, mudah, sakit kepala, dan bahkan batu ginjal.

2. Sembelit
Kurangnya asupan air saat berpuasa dapat mengakibatkan feses menjadi lebih keras dan kering, sehingga sulit untuk dikeluarkan. Kondisi semacam ini disebut dengan sembelit. 


3. Heartburn
Heartburn adalah rasa tidak nyaman pada perut bagian atas yang diakibatkan karena naiknya asam lambung ke kerongkongan. Kondisi ini dapat terjadi karena kebiasaan langsung tidur usai makan sahur.

4. Masalah kesehatan berikutnya yang sering muncul saat puasa adalah sakit kepala atau pusing. Umumnya, munculnya sakit kepala atau pusing saat puasa akibat dari dehidrasi, kurangnya jam tidur, dan rasa lapar. Bahkan bagi beberapa orang, sakit kepala atau pusing dapat bertambah lebih parah akibat paparan sinar matahari. 


5. Tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dalam waktu yang cukup lama dapat memicu munculnya masalah kesehatan seperti bau mulut. Saat berpuasa umumnya bau mulut terjadi akibat dehidrasi, sehingga saat penting untuk memenuhi asupan cairan tubuh dengan minum delapan gelas air putih per hari.


sumber : dokter_bilang
No comments

No comments :

Post a Comment