Manfaat Tidur Siang Saat Puasa


Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/4/2020) tentang manfaat tidur siang saat puasa

1. Menghilangkan Rasa Lapar
Manfaat tidur siang saat puasa yang pertama adalah menghilangkan rasa lapar. Sahur membuat waktu tidur berkurang, yang tentunya bisa membuat perut jadi keroncongan, bahkan sebelum tengah hari.

2. Memperbaiki Mood
Kurang tidur selama puasa membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. kamu menjadi lebih mudah lelah dan marah. Salah satu manfaat tidur siang saat puasa adalah utnuk memperbaiki mood.

3. Mengurangi Stres
Saat mengantuk, kadar hormon kortisol akan naik. Hormon ini berfungsi untuk mengatur respon tubuh terhadap hal yang menegangkan, termasuk stres. Jadi, saat kadar kortisol meningkat, stres yang kamu rasakan juga semakin besar.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Semua organ di dalam tubuh bekerja sesuai dengan waktunya masing-masing, salah satunya jantung. Saat mengantuk, akan ada peningkatan tekanan darah yang bisa memperberat kerja jantung.

5. Memperkuat Memori
Manfaat tidur siang saat puasa berikutnya adalah dapat memperkuat memori. Sebuah tim ahli neuropsikologi Jerman menemukan bahwa tidur setelah mempelajari sesuatu dapat membuat informasi ingatan lima kali lebih baik daripada jika kamu tetap terjaga sesudahnya.

No comments

No comments :

Post a Comment