Mengapa Wanita Hamil Sering Ngidam


Apa yang menjadi penyebab ngidam? Ada beberapa teori yang diformulasi para ahli untuk menjawab pertanyaan ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Perubahan hormonal
Perubahan hormonal bisa menjadi penyebab ngidam. Ini dikarenakan saat hamil, terjadi perubahan regulasi dari berbagai hormon. Hal inilah yang membuat ibu hamil ngidam untuk mengonsumsi makanan tertentu.

2. Perubahan Indra Perasa
Penelitian menunjukkan bahwa tingginya kadar hormon tertentu di dalam tubuh selama kehamilan dapat mengubah indra perasa. Tak hanya itu, indra penciuman pada wanita hamil pun akan terpengaruh.

Hal ini bisa menjadi penyebab ngidam sehingga ada beberapa ibu yang menginginkan konsumsi jenis makanan tertentu seperti makanan yang asam atau pedas.

3. Peningkatan Produksi Air Liur
Saat awal kehamilan, produksi air liur mengalami peningkatan. Kondisi ini yang membuat area mulut terasa seperti ada kandungan logam. Pada akhirnya, hal ini membuat ibu hamil ngidam dan memiliki keinginan kuat untuk mengonsumsi makanan tertentu demi menetralisir rasa logam di dalam mulut.

4. Kebutuhan Energi Ibu Hamil Meningkat
Kebutuhan energi ibu meningkat selama masa kehamilan dan bisa menjadi penyebab ngidam. Alhasil, ibu membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak dibandingkan sebelum hamil dan keinginan untuk konsumsi makanan tertentu pun semakin meningkat.

5. Perubahan Psikologis Saat Hamil
Perubahan hormon dapat memengaruhi kondisi psikologis ibu selama masa kehamilan. Hal ini terkadang dialihkan dengan keinginan konsumsi makanan tertentu, sehingga juga bisa menjadi penyebab ngidam.

sumber : dokter_bilang

No comments

No comments :

Post a Comment